Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesehatan

Lingkungan mempunyai pengaruh dan kepentingan yang terbesar dibandingkan tiga faktor lainnya dalam berperanan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Termasuk dalam kategori lingkungan di sini antara lain adalah lingkungan fisik, sosial budaya, pendidikan dan pekerjaan.

Berdasarkan hasil penelitian Robert Tilden University Of Michigan (Taunaumang, A (1993)) yang mengadakan penelitian pada 65 negara berkembang yang dilaksanakan antara tahun 1960-1965 dan terhadap 6 negara pada tahun 1974, dapat disimpulkan bahwa dengan peningkatan pendidikan akan meningkatkan umur harapan hidup secara bermakna.

Umur harapan hidup  merupakan salah satu indikator utama dalam menentukan derajat kesehatan suatu bangsa. De­ngan demikian dapat dikatakan bahwa pelayanan kesehatan yang baik, belum tentu dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara maksimal, jika tidak disertai dengan peningkatan kondisi lingkungan serta perubahan perilaku ke arah yang menguntungkan kesehatan.

Menurut Blum ada lima peranan lingkungan dalam menyebabkan gangguan kesehatan, yaitu :

1). Sebagai agent ( penyebab penyakit)

Contoh peran lingkungan sebagai penyebab penyakit : adanya beberapa mikroba penyebab penyakit baik dari golongan bakteri, jamur, virus maupun protozoa, adanya zat-zat kimia di lingkungan, adanya radiasi, tekanan udara, aliran listrik dan sebagainya.

2). Reservoir                                     ,

Peran lingkungan sebagai reservoir dapat dijelaskan dengan adanya manusia, hewan dan benda sebagai tempat berkembang biaknya  bibit penyakit. Contoh : air kotor, sampah dan sebagainya.

3). Vektor

Peran lingkungan sebagai penular atau penyebar penyakit dikarenakan di lingkungan terdapat beberapa hewan yang berperan sebagai vektor penular atau pemindah bibit penyakit sehingga terjadi  penularan. Contoh: lalat, kecoa, nyamuk dan sebagainya.

5). Medium transmisi

Peran lingkungan sebagai medium transmisi dikarenakan lingkungan dapat berperan sebagai benda  perantara agent. Contoh: udara, air, makanan dan sebagainya.

About the Author